Jumat, 14 Desember 2012

Wisata Tersembunyi Betoh Cenneng Madura





Wisata Tersembunyi Betoh Cenneng Madura

Bangkalan, Senin, 23 Januari 2012, aku dan ke-7 temanku berencana untuk mengelilingi tempat wisata yang ada di Madura, tempat wisata tersembunyi yang bahkan orang Madura sekalipun tidak mengerti. Terdapat 2 tempat wisata yang kami kunjungi, salah satunya adalah Tempat Wisata Betoh Cenneng.
Tempat wisata ini tidak seperti halnya tempat wisata lainnya yang penuh dengan pengunjung, tempat wisata ini malah sepi pengunjung dan bahkan orang Madura pun belum tentu mengetahuinya. Wisata Tersembunyi Betoh Cenneng ini berada di daerah Desa Buluh, Kec. Socah, Kab. Bangkalan, Madura.

 Tempat Pengerukan Kapur di Kec. Socah Madura
 Tempat Wisata Betoh Cenneng ini dekat dengan tempat pengerukan batu kapur dan TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) Kec. Socah. Perjalanan menuju kesana tidak membutuhkan banyak waktu, jalannya pun juga mudah di ingat dan mudah di akses dengan motor hanya saja jalannya tidak begitu bagus, jalanan disini masih tidak rata dan banyak lubang disana-sini menyebabkan perjalanku dan teman-temanku tidak mulus, terlebih lagi motor ku yang kurang fit sehingga di tengah – tengah perjalanan aku diharuskan untuk membetulkan rantai motorku yang los, untungnya tidak patah. #alhamdulillah
 Kebanyakan dari para sahabat pasti bertanya-tanya, Apa itu Betoh Cenneng? Dan mengapa dikatakan Betoh Cenneng? Betoh Cenneng yang terdiri dari dua kata, kata Betoh yang berarti Batu dan kata Cenneng yang merupakan sebutan dari Batu ini. Nama Betoh Cenneng di dapat dikarenakan Batu keunikan tersendiri, berbeda dengan batu lainnya yang ketika bertumbukan dengan benda keras akan berbunyi “tok tok” atau sejenisnya, Batu Cenneng ini ketika bertumbukan dengan benda keras akan menghasilkan bunyi yang berbeda yaitu berbunyi layaknya dua buah besi yang betumbukkan, “Ting Ting Ting”. Unik bukan.  Itu mengapa Batu ini dinamakan Betoh Cenneng.

 Wisata Madura Betoh Cenneng | LukmanW
 Menurut pendapatku, bunyi yang tidak lumrah ini dihasilkan karena batu ini lebih banyak mengandung material logam sehingga ketika bertumbukan dengan benda keras lainnya, bunyi yang dihasilkan berbeda dengan batu biasa. Secara subjektif seperti itu, namun entah secara ilmiah seperti apa. #hehehe
 Keberadaan kami tidak begitu lama, dikarenakan masih ada satu tempat yang harus kita kunjungi lagi selain tempat ini, yang jaraknya cukup lumayan jauh kira-kira 1.5 – 2 jam perjalanan, yaitu ke Tempat Wisata Pantai Klampis, di Kec. Klampis, Kab. Bangkalan, Madura.
 Hanya itu saja yang dapat kau ceritakan untuk tulisanku kali ini sahabat, semoga sahabat tidak bosan dan menikmatinya. Oia, berikut aku sertakan pula beberapa foto di Tempat Wisata Tersembunyi Betoh Cenneng Madura.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar