Jumat, 14 Desember 2012

Musium Cakraningrat bangkalan


Musium Cakraningrat bangkalan













Bangkalan -  Gedung Museum yang berada di jalan Soekarno-Hatta dan diberi nama " Cakraningrat " ini telah diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Jawa Timur, Imam Utomo, pada tanggal 13 Maret 2008. Terletak bersebelahan dengan kantor DPRD Bangkalan, gedung yang dibangun oleh Pemda Bangkalan ini.merupakan bagian penting dari kantor Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariiwisata Kabupaten Bangkalan. Sebelum menempati gedung baru, museum yang banyak mengkoleksi barang-barang peninggalan sejarah dan benda-benda kuno ini berada di kompleks Rumah Dinas Bupati Bangkalan (sebelah timur alun-alun Bangkalan). Karena dinilai kurang sesuai dengan tuntutan sebagai fasilitas publik maupun kurang memiliki nilai informatif bagi masyarakat umum, maka atas iniiatif Bupati Bangkalan, R.KH Fuad Amin Spd, memindahkan museum ini ke tempat yang terbuka sebagaimana sekarang ini. Agar museum ini mampu merefleksikan dan menanamkan nilai-nilai monumental sejarah Bangkalan bagi siapa saja, terutama bagi generasi muda, maka atas inisiatif  beliau pula menamai museum ini dengan nama " Cakraningrat ", sebuah gelar bagi raja-raja yang memerintah Bangkalan pada tahun 1648 - 1918.

Asal Usul Berdirinya Museum

Didorong oleh pemikiran dan tanggung jawab untuk melestarikan benda-benda yang bernlai sejarah, warisan nenek moyang, maka atas saran beberapa sesepuh Bangkalan seperti R.A. Roeslan Tjakraningrat, R.A. Salehadiningrat  Surjowinoto, R.P. Machfud Sosroadiputro, pada tahun 1950-1954 dilakukanlah inisiatif oleh pemerintah daerah dan pemerhati budaya, untuk pengumpulan benda-benda maupun dokumen-dokumen milik Keraton Bangkalan yang tersebar dan berada ditangan orang, untuk kemudian dihimpun dan dirawat. Benda-benda dan dokumen-dokumen yang terkumpul tersebut disimpan di sebuah gedung yang berada di kompleks Pemakaman Raja-Raja Bangkalan " Pesarean Aer Mata " (Buduran, Arosbaya). Untuk mengurus koleksi benda-benda bersejarah itu, pada tahun itu pula dibentuk Yayasan Kona. Untuk lebih menjamin pengawasan atas kelestariannya, maka atas inisiatif H.J. Soedjaki, Bupati Bangkalan pada saat itu (1971-1976), bersama Yayasan Kona, benda--benda itu kemudian pada tahun 1975 dipindahkan ke sebuah gedung di kompleks Pendopo Agung Bangkalan  (sebelah timur alun-alun Bangkalan). Mulai sejak itu pemeliharan dan perawatan benda-benda tersebut secara resmi menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah dan pada tahun 1979 secara resmi ditetapkan sebagai sebuah museum dengan nama " Museum Daerah Tk. II Bangkalan ".
Guna mewujudkan rasa tanggung jawab yang besar dari  Pemerintah Daerah maupun untuk tujuan menanamkan serta meningkatkan apresisasi yang tinggi masyarakat umum terhadap benda-benda yang bernilai sejarah itu, maka pada tahun 2008 atas inisiatif  Bupati Bangkalan, R.KH. Fuad Amin Spd, Pemerintah Daerah kemudian memindahkan museum ke gedung baru yang representatif, sebagaimana saat ini. Banyak benda pusaka dan benda kuno yang bersejarah disimpan dan dipamerkan di tempat ini antara lain koleksi senjata tombak, naskah tulis dan daun lontar, gamelan, alat musik dan berbagai peralatan lainnya.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar