Jumat, 14 Desember 2012

SEJARAH SINGKAT INTERNET


SEJARAH SINGKAT INTERNET

Sejarah singkat internet Indonesia  berdasarkan referensi dari id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet_Indonesia bermula dari  pada tanggal 24 juni 1988 Universitas Indonesia mendaftarkan protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24).  Diawal pembangunan internet indonesia pada tahun 1992 sampai 1994 tercatat beberapa legendaris indonesia yang telah memberikan kontribusi keahliannya untuk membangun sejarah berdirinya jaringan komputer di indonesia yaitu : Onno W. Purbo, Firman Siregar, Adi Indrayanto,  Robby Soebiakto, Putu, Suryono Adisoemarta, RMS Ibrahim dan Muhammad Ihsan.
 Sejarah Internet Indonesia Pada tahun 1994 IndoNet Merupakan internet service provider pertama di indonesia yang didirikan oleh Sanjaya. Pada saat itu masih sedikit sekali pengguna internet indonesia sehingga masih belum banyak orang meilhat peluang bisnis internet. Lokasi IndoNet berada di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, yang kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal IndoNet pada awalnya menggunakan mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine pada server AIX.
 Perkembangan selanjutnya yang perlu di perhitungkan adalah yang mengarah ke e-commerse dan warnet yang menunjang agar masyarakat indonesia bisa lebih mengerti di dunia informasi.
 awalnya pengguna internet lewat CIX  dan compusereve Sejak 1988, CIX (Inggris) menawari jasa E-mail dan Newsgroup. Pengguna Internet menggunakan modem 1200 bps dan saluran telpon Internasional yang cukup mahal untuk akses Internet, dan juga menawarkan jasa akses HTTP dan FTP.  pada tahun 1989 Compuserve(AS) juga menawarkan jasa E-mail dan belakangan Newsgroup, HTTP/FTP. Beberapa pengguna Compuserve memakai modem yang dihubungkan dengan Gateway Infonet yang terletak di Jakarta. Biaya akses Compuserve masih cukup mahal, walaupun jauh lebih murah dari CIX.
 Internet Indonesia pada tahun 1989-1990-an, mahasiswa Indonesia di luar negeri membangun tempat untuk diskusi di Internet, salah satu tempat diskusi pertama Indonesia di Internet yaitu di indonesians@janus.berkeley.edu. awalnya dari mailing list pertama di Janus diskusi antar mahasiswa Indonesia diluar negeri memberikan pemikiran alternatif serta menumbuhkan kesadaran masyarakat . Pola mailing list ternyata terus berkembang yang tadinya hanya sebuah mailing list legendaris di janus,  Mailing list ini akhirnya menjadi  sarana yang sangat efektif dalam pembangunan komunitas di Internet Indonesia.
 Seperti itulah singkatnya internet indonesia  yang awalnya dibangun oleh para legendaris indonesia yang akhirnya kini bisa kita rasakan manfaatnya dari internet. Perkembangan internet yang cukup signifikan jika kita melihat sejarah internet terdahulu, Kini kitapun bisa mendapatkan informasi lebih cepat dan memberikan informasi kepada pengguna internet lebih mudah. sehingga internet adalah salah satu media untuk komunikasi dua arah baik secara real time atau tidak.
Sumber: http://masterbis.blogspot.com/2012/10/sejarah-singkat-internet-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar