Jumat, 14 Desember 2012

Menyambut bulan suci ramadhan Di MANBA


Menyambut bulan suci ramadhan Di MANBA

            Menjelang datangnya bulan puasa ramadhan, semua siswa-siswi MAN Model Bangkalan dan MTsN Bangkalan mengadakan hari penyambutan datangna bulan ramadhan. Penyambutan ini dilakukan dengan cara yang menarik yaitu semua keluarga besar MAN Model  Bangkalan dan MTsN Bangkalan baik dari guru sampai seluruh siswa-siswi mengadakan jalan santai dari sekolah sampai alun-alun dan kembali lagi ke sekolah.
Acara jalan santai tersebut diiringi dengan drumband dan paskibraka serta siswa-siswi yang mengikuti ekstra pramuka. Dalam kegiatan tersebut, setiap kelas diharuskan membawa semacam papan kecil yang bertuliskan tentang anjuran bersedekah, berzakat, dan berzikir di bulan ramadhan. Semua kelas juga membagikan selebaran yang berisi tulisan tentang hal-hal yang berhubungan dengan puasa.
Cara berpakaian para siswapun berbeda-beda di setiap kelas. Pakaian mereka unik dan merupakan ciri khas setiap kelas. Ada yang memakai batik khas MAN, baju olah raga, dan ada juga yang berpakaian putih dengan bawahan hitam. Sedangkan di barisan depan ada tiga orang siswi  yang memakai kebaya dan memegang spanduk yang berhubungan dengan bulan puasa ramadhan. Kalau siswa-siswi di kelas saya memakai baju putih dengan bawahan berwarna hitam.
Acara jalan santai tersebut baru pertama kali dilaksanakan di MAN BAngkalan. Dengan adanya penyambutan bulan puasa ramadhan, diharapkan masyarakat bisa sadar dan sepenuhnya berpuasa dan beribadah hanya untuk Allah, serta dapat menjauhi perbuatan-perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa di bulan ramadhan.
Mengikuti kegiatan penyambutan bulan ramadhan ini juga merupakan pengalaman pertama bagi saya. Kegiatan tersebut sangat seru dan menarik, walaupun perjalanan dengan rute sekolah- alun-alun- sekolah membuat saya capek. Namun secara keseluruhan saya senang sekali mengikuti kegiatan tersebut. Semoga di tahun-tahun berikutnya kegiatan seperti itu dapat diadakan kembali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar