Jumat, 14 Desember 2012

Asal Mula Nama Socah


Asal Mula Nama Socah
KISAH SOCAH

Socah, artinya adalah mata. Ini adalah bahasa Madura yang cukup halus dalan kasta. Kenapa di pakai dengan kata-kata yang halus? Ini ada kaitannya dengan asal usul desa ini.

Desa socah adalah sebuah desa kecil yang terletak 15 menit dari kota Bangkalan dan
pelabuhan Kamal. Socah adalah salah satu kecamatan dari kabupaten bangkalan. Socah merupakan tempat yang enak untuk dikunjungi, karena letaknya yang dekat dengan laut, sehingga pemandangannya sangat bagus. Dari sini juga kita bisa liat kapal-kapal besar yang mau landas dari pelabuhan ujung. Kapal tersebut merupakan kapal kargo.

Di Socah terdapat banker. Dari cerita sesepuh disini, bunker tersebut dulu digunakn untuk pembuangan mayat pemberontakan G30SPKI. Di Socah juga terdapat mercusuar peninggalan belanda, yang di jadikan tempat rekreasi. Kita bisa masuk dan naik ke puncak mercusuar. Dari puncak mercusuar inilah kita bisa melihat pelosok pulau Madura, selat Madura, dan pulau jawa dari kejauhan. Sebuah panorama alam yang indah. Ditambah lagi banyak tempat makanan yang enak yang tersedia disini. 

Asal muasal nama desa Socah adalah karena dulu Pangeran Jokotole pulang membawa istrinya setelah memenangkan perang. Istri Pangeran Jokotole itu tidak sesempurna dirinya, karena istrinya itu buta, tapi beliau sayang dan cinta pada istrinya. Namun menurut sejarahnya, istrinya itu akhirnya bisa melihat lagi setelah Pangeran Jokotole menancapkan sebuah tongkat di sebuah desa, sampai pada akhirnya setelah tongkatnya di tancapkannya itu keluar mata air, dan beliau menyuruh istrinya cuci muka di mata air tersebut. Setelah istri pangeran Jokotole mencuci mukanya, akhirnya istrinya bisa melihat.  Desa tersebut kemudian diberi nama socah.

Dari situlah asal muasal desa socah yang artinya mata dalam Bahasa Maduranya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar