Jumat, 14 Desember 2012

PONDOK RAMADHAN


PONDOK RAMADHAN

Pada bulan ramadhan, siswa kelas X MAN Model Bangkalan masuk seperti biasanya dikarenakan pada waktu itu diadakan pondok ramadhan. Pondok ramadhan tersebut dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut. Acara pondok ramadhan dimulai dari jam 08.00 sampai dengan jam 12.00. Semua siswa diwajibkan membawa Al-Qur’an. Siswa perempuan juga diwajibkan membawa mukenah.
Dalam kegiatannya, pada jam 08.00 siswa siswi melaksanakan sholat dhuha secara berjama’ah. Setelah itu dilanjutkan dengan membaca Al-Qur’an. Acara selanjutnya adalah ceramah agama oleh guru atau narasumber. Isi dari ceramah agama tersebut berkaitan dengan bulan ramadhan seperti hikmah puasa, zakat, dan kegiatan-kegiatan yang harus dikerjakan pada bulan ramadhan. Dalam ceramah agama tersebut terdapat tanya jawab antar siswa dengan guru. Guru juga memberikan pertanyaan kepada siswa dimana siswa yang dapat menjawabnya akan mendapat hadiah. Setelah acara ceramah agama selesai, siswa siswi membaca Al-Qur’an dan melaksanakan sholat dhuhur secara berjema’ah. Selesai sholat dhuhur menandakan selesainya pondok ramadhan pada hari itu. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya dilaksanakan pada hari pertama pondok ramadhan, tetapi juga dilaksanakan pada hari kedua dan ketiga.
Dalam pelaksanaan pondok ramadhan tersebut juga dijadikan sebagai sarana penyaluran zakat fitrah. Siswa siswi yang berminat untuk mengeluarkan zakat fitrahnya di sekolah dapat mengumpulkannya kepada OSIS yang kemudian akan disalurkan pada orang-orang yang berhak menerimanya. Zakat fitrah yang dikumpulkan dapat berupa uang maupun beras yang besarnya telah ditentukan oleh pihak sekolah.
Pengumpulan zakat fitrah dilaksanakan pada hari ketiga pondok ramadhan. Para siswa banyak yang berzakat di sekolah. Pada umumnya mereka mengumpulkan zakat fitrah berupa uang. Walaupun tidak sedikit juga yang mengeluarkan zakat berupa beras. Selain itu juga para siswa diharuskan mengumpulkan buku catatannya selama mengikuti pondok ramadhan pada guru pembimbingnya.
Setelah pondok ramadhan selesai dilaksanakan selama 3 hari, semua siswa siswi MAN Model Bangkalan masuk seperti biasanya untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar tersebut dimulai dari jam 08.00 sampai jam 12.00 tiap harinya. Kegiatan tersebut berlangsung sampai satu minggu sebelum hari raya idul fitri. Setelah itu para siswa libur dan mulai aktif belajar lagi setelah hari raya idul fitri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar