Selasa, 19 Agustus 2014

17 Agustus

JAKARTA - Memandang dan mengisi hari kemerdekaan Indonesia, yang harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya anak muda adalah meningkatkan kreativitas.

Kreativitas tersebut merupakan tantangan bagi masyarakat untuk menghadapi bangsa Indonesia yang lebih baik lagi.

Sejarawan JJ Rizal mengatakan, peringatan kemerdekaan Indonesia memiliki momentum tersendiri untuk mengulang dan memperingatkan kembali.

"Tiap tahun, dalam peringatan kemerdekaan Indonesia masyarakat harus ikut, siapa saja, tidak memandang usia untuk menunjukkan jiwa dan moralnya," ujar Rizal saat dihubungi Okezone, belum lama ini.

Rizal melanjutkan, jika mengukur dari aspek sejarah nasional di Indonesia seperti para pendiri bangsa, masyarakat dapat melihat kehidupan yang paling istimewa untuk kepentingan rakyat.

"Hal itu ukuran-ukuran terkendali. Jadi, peringatan 17 Agustus merupakan momen bagi mereka yang menjadi pertanyaan-pertanyaan yang mengulang, kita mengulang untuk bisa maju untuk mencapai cita-cita bangsa," ucapnya.


Rizal menambahkan, dalam memperingati 17 Agustus, mengikuti perlombaan merupakan bagian dari kreativitas juga.

"Kreativitas anak muda ditantang dengan cara seperti apakah mengikuti lomba panjat pinang, bagaimana cara bekerja, hal itu tantangan bagi pemuda untuk mencari kreativitas dan bisa memproduksi karya sendiri," ungkapnya.

Rizal pun menceritakan mengenai pengalamannya masa kecil saat memperingati 17 Agustus. Dia mengakui, pada saat merayakan hari kemerdekaan Indonesia, dirinya aktif dalam kegiatan.

"Saya bagian dari orde baru. Ketika SMA, saya juga ikut bagian merayakan dengan mengikuti perlombaan dan membuat gapura. Artinya, kita menjadi berkembang dan memahami," tuturnya.

Rizal mengimbuhkan, kegiatan tersebut menjadi bagian yang penting dari masyarakat dengan berbagai kegiatan di hari kemerdekaan. Sekarang ini, jarang sekali membuat suatu kreasi di hari kemerdekaan lebih dalam untuk berefleksi apa yang dicita-citakan.

"Selama ini, kita menghadapi itu-itu saja. Harus ada tantangan, kreativitas baru yang sesuai dengan tantangan mengenai hari kemerdekaan dan itu dilihat dari momentum dan mengevaluasinya," imbuhnya.

Sumber: http://kampus.okezone.com/read/2014/08/15/373/1025152/lomba-17-agustus-tingkatkan-kreativitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar